LPM UIN Raden Fatah Palembang
   Selamat Datang di Website LPM UIN Raden Fatah Palembang  
 
 
    
Palembang
Imsak04:28 WIB
Subuh04:38 WIB
Syuruq05:58 WIB
Dzuhur11:59 WIB
Ashar15:23 WIB
Maghrib17:59 WIB
Isya19:11 WIB
2°59'LS, 104°47'BT
Ketinggian : 10 m
Arah kiblat : 65°27' (U-B)
Bagaimana Pendapat Anda tentang Website LPM UIN Raden Fatah ini ?
Sangat Bagus
Bagus
Lumayan
Tidak Bagus
 
LPM GELAR WORKSHOP PENYUSUNAN STANDAR MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA


1614914762.jpg 1614914779.jpg

Dalam rangka Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Universitas Islam Negeri Raden Fatah mengadakan Workshop Penyusunan Standar Merdeka Belajar Kampus Merdeka pada Rabu (03/03/2021). Workshop yang diikuti oleh seluruh Wakil Dekan, Kabag Akademik, Kasubag, Ketua GPMF Fakultas dan Peserta Eksternal dari Universitas Sriwijaya, Universitas Muhammadiyah, Universitas Taman Siswa, dan Universitas PGRI dimulai pada Pkl.14.30 dengan mengusung tema “Menjadi Universitas Berstandar Internasional, Berwawasan Kebangsaan, dan Berkarakter Islami”.

Diawali dengan penyampain dari Ketua LPM UIN Raden Fatah Dr. Syahril Jamil, M.Ag menyampaikan keinginan untuk memiliki pedoman tersendiri sebagai bentuk diseminasi standar yang ditetapkan oleh KEMENDIKBUD, akan tetapi sampai saat ini kami belum memiliki dokumen tersebut atau belum selesai disusun oleh diktis. Sehingga yang menjadi rujukan kita pada workshop kali ini berangkat dari apa yang sudah ditetapkan oleh kemendikbud. “Dalam konteks LPM kita hanya ingin menyusun standar yang bisa dijadikan sebagai dokumen mutu untuk melakukan pengawalan terhadap kebutuhan APT (Akreditasi Perguruan Tinggi), apa saja dokumen – dokumen yang seharusnya kita miliki dan dokumen-dokumen itulah yang diharapkan dapat diberikan pada workshop kali ini,” tambahnya.

Wakil Rektor II selaku perwakilan Rektor dalam kata sambutannya juga menyampaikan bahwa pembuatan dokumen harus sesuai dengan distingsi UIN Raden Fatah Palembang terkait dengan perkembangan nilai – nilai keagamaan. “Dengan adanya workshop ini kita bisa mengikuti arus perkembangan global sehingga kita bisa tahu bersama – sama dengan perkembangan terhadap masa depan generasi kita dalam kelompok Merdeka Belajar Kampus Merdeka,” tutupnya.

1614914800.jpgWorkshop yang menghadirkan narasumber Dr. Isda Pramuniati, M.Hum yang merupakan Ketua LPPMP Universitas Negeri Medan dalam paparan materinya, menjelaskan bahwa dasar kebijakan penyusunan standar MBKM adalah PPEPP (Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, Peningkatan) dan  untuk mengimplementasikan program MBKM ini memang tidak mudah, perlu adanya adaptasi serta penyesuaian baik dari dosen maupun mahasiswa. Dosen juga harus menyusun kurikulum yang sesuai dengan mendikbud. Interpretasi Kemendikbud terhadap Visi Presiden “SDM Unggul” yaitu Merdeka dalam Belajar dan Dosen sebagai Penggerak (dosen memfasilitasi pembelajaran mahasiswanya secara independen).

Dengan adanya Penyusunan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka, kurikulum di Perguruan Tinggi juga akan berubah sesuai dengan apa yang diluncurkan yaitu tentang MBKM. Atas dasar tersebut maka kurikulum di Perguruan Tinggi (PT) juga harus diubah menyesuaikan dengan kurikulum MBKM.  Workshop ini juga diharapkan dapat memberikan gambaran secara keseluruhan terhadap dosen – dosen yang masih belum mengerti bagaimana sistem pengimplementasian MBKM yang sebenarnya. Mengacu pada apa penyesuaian kurikulumnya dan apa yang harus dilakukan dosen untuk membimbing mahasiswa dalam mengikuti program MBKM ini.

 

1614914721.jpg

1614914850.jpg



UIN Raden Fatah Palembang ISO 9001:2015 Open Jurnal Sistem (OJS) Aplikasi e-kinerja eprints Repoistory UIN Raden Fatah Palembang Layanan Pengadaan Secara Elektronik Web Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang e-Learning UIN Raden Fatah Palembang Pendaftaran Beasiswa Bidik Misi Logo Sialim Email Berbasisi Domain Senayan Library Information System

 
Copyright PUSTIPD © 2018 Lembaga Penjaminan Mutu UIN Raden Fatah Palembang