LPM UIN Raden Fatah Palembang
   Perbaikan Kelengkapan Dokumen BKD dimulai tgl 12 s.d 14 Januari 2022  
 
 
    
Palembang
Imsak04:34 WIB
Subuh04:44 WIB
Syuruq06:04 WIB
Dzuhur12:14 WIB
Ashar15:37 WIB
Maghrib18:22 WIB
Isya19:34 WIB
2°59'LS, 104°47'BT
Ketinggian : 10 m
Arah kiblat : 65°27' (U-B)
Bagaimana Pendapat Anda tentang Website LPM UIN Raden Fatah ini ?
Sangat Bagus
Bagus
Lumayan
Tidak Bagus
 
D’Musik Series #6 “Strategi Pengembangan Program Studi dengan Pendekatan Analisis SWOT”


LPMUINRF – Di era globalisasi ini, setiap lembaga atau institusi berusaha untuk mempertahankan dan mengembangkan  keberadaannya. Bertambahnya  persaingan  perguruan  tinggi yang  semakin  ketat  dalam  menarik  minat mahasiswa  baru  supaya  masuk  ke  institusi perguruan  tinggi.  Maka  perlu  adanya  strategi khusus  untuk  mempertahankan  kualitas pelayanan  dan  mengembangkan  institusi  agar lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Strategi tersebut diharapkan dapat memberikan arahan kepada  lembaga  atau  institusi  untuk menghadapi  tantangan  serta ancaman  yang muncul dan dari strategi yang dibuat harus relevan untuk masa kini maupun masa yang akan datang dengan mempertimbangkan kekuatan dan kelemahan yang dimilikinya. Lantas, Bagaimana cara untuk menghasilkan pendidikan tinggi yang berkualitas? Strategi perencanaan dan pengembangan yang bagaimana yang harus dilakukan program studi agar mampu menjawab tantangan era revolusi industry 4.0? Metode pendekatan apa saja yang digunakan?

1637158512.jpg

Hal inilah yang menjadi pembahasan pada D’Musik Series #6 yang merupakan lanjutan dari kegiatan dwi mingguan yang diadakan oleh Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Raden Fatah Palembang, tema d’musik yang membahas tentang Strategi Pengembangan Program Studi dengan Pendekatan Analisis SWOT dianggap penting bagi keberlangsungan program studi untuk mencari dan memilih strategi dalam memahami potensi-potensi yang dimiliki.

Dalam menyusun Strategi Pengembangan Program Studi, perlu dilakukan analisis dengan menggunakan Pendekatan Analisis SWOT. Sehingga bisa diketahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perencanaan dan pengembangan prodi. Analisis SWOT sendiri merupakan salah  satu  instrument analisi yang ampuh apabila digunakan dengan tepat dan telah  diketahui  pula  secara  luas  bahwa “SWOT”  merupakan  akronim  untuk  kata-kata strengths  (kekuatan),  weaknesses (kelemahan),  opportunities  (peluang)  dan threats  (ancaman).  Analisis  SWOT didasarkan  oleh  pengetahuan  bahwasanya  keberhasilan  suatu  perusahaan/organisasi ditentukan  oleh  faktor  internal  dan  eksternal perusahaan/organisasi.

1637158382.jpg        1637158394.jpg

Acara yang dilaksanakan secara daring (online) pada Rabu, 17 November 2021 dimulai Pkl.09.00 dengan dipandu oleh moderator Dr. Amilda, M.A selaku Kapus Pendampingan dan Pengembangan Mutu Mahasiswa dan dihadiri oleh Ketua dan Sekretaris, para Kapus dan Staff LPM, serta Ketua dan Sekretaris Prodi dengan menghadirkan narasumber Deky Anwar, Ph.D selaku Ketua Satuan Pengawas Internal (SPI) UIN Raden Fatah Palembang.

1637158193.jpg

Dalam sambutannya sekaligus membuka acara d’musik, Mukti Ali, M.Pd.I selaku sekretaris LPM menyampaikan ucapan terimakasih kepada narasumber yang sudah berkenan hadir pada acara d’musik series #6. Terkait pembahasan mengenai strategi pengembangan program studi, beliau juga menyampaikan bahwa “fenomena revolusi industry 4.0 saat ini memiliki potensi luar biasa terhadap berbagai aspek, perguruan tinggi banyak yang mulai merancang strategi dalam upaya meningkatkan daya saing secara global. Peta jalan dalam mencapai visi Indonesia 4.0 tentunya melibatkan berbagai pemangku kepentingan, perguran tinggi sebagai salah satu institusi yang berfokus pada riset dan pendidikan merupakan unsur  penting  dalam mendukung  visi  Indonesia  4.0.” Ujarnya.

“Dengan demikian strategi pengembangan program studi menggunakan pendekatan analisis SWOT yang akan kita bahas satu jam kedepan dapat memberikan gambaran khususnya kepada prodi terkait apa saja strategi yang harus dilakukan sehingga mampu menjawab tantangan-tantangan yang ada saat ini,” tambahnya.

1637158234.jpg        1637158227.jpg

1637158219.jpg        1637158212.jpg

Selaku narasumber Deky Anwar, Ph.D memberikan apresiasi kepada LPM yang saat ini sudah berhasil menjalankan agenda d’musik sampai series ke-6. “Pada kesempatan kali ini ada dua pendekatan yang akan saya sampaikan, pendekatan pertama yang akan saya lakukan yaitu penyampaian secara teori, kedua berbasis langsung ke prodinya dan sisanya praktek langsung terhadap apa yang dilakukan prodi. Fungsi SWOT sendiri sebenarnya untuk mencari strategi paling tepat dari posisi saat ini untuk mencapai suatu tujuan atau dalam artian menghasilkan strategi sebagai output akhir. Sehingga nantinya SWOT ini diharapkan dapat menjadi acuan untuk menghasilkan strategi yang terbaik yang akan digunakan pada masing-masing prodi.” Jelasnya.

Dalam upaya melakukan perbaikan secara berkelanjutan serta membangun budaya mutu di perguruan tinggi, khususnya dalam penyelenggaraan dan pengembangan program studi, setiap perguruan tinggi perlu menyusun strategi perencanaan dan pengembangan program studi. Strategi perencanaan dan pengembangan program studi merupakan salah satu unsur penting dalam penilaian akreditasi program studi untuk menetukan kelayakan program studi yang sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

1637158180.jpg       1637158143.jpg



UIN Raden Fatah Palembang ISO 9001:2015 Open Jurnal Sistem (OJS) Aplikasi e-kinerja eprints Repoistory UIN Raden Fatah Palembang Layanan Pengadaan Secara Elektronik Web Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang e-Learning UIN Raden Fatah Palembang Pendaftaran Beasiswa Bidik Misi Logo Sialim Email Berbasisi Domain Senayan Library Information System

 
Copyright PUSTIPD © 2018 Lembaga Penjaminan Mutu UIN Raden Fatah Palembang