LPM UIN Raden Fatah Palembang
   Selamat Datang di Website LPM UIN Raden Fatah Palembang   Pengisian LBKD Semester Genap 2021/2022 dan RBKD Semester Ganjil 2022/2023 pada Aplikasi BKD Online dimulai tgl 15 Juni 2022 sd 04 Juli 2022 Pukul 23.59 WIB   
 
 
    
Palembang
Imsak04:33 WIB
Subuh04:43 WIB
Syuruq06:04 WIB
Dzuhur12:05 WIB
Ashar15:29 WIB
Maghrib18:04 WIB
Isya19:18 WIB
2°59'LS, 104°47'BT
Ketinggian : 10 m
Arah kiblat : 65°27' (U-B)
Bagaimana Pendapat Anda tentang Website LPM UIN Raden Fatah ini ?
Sangat Bagus
Bagus
Lumayan
Tidak Bagus
 
LPM Adakan Workshop Penyusunan Indikator Kinerja Tambahan dan Alat Ukur (APT)


LPMUINRF – Merujuk pada naskah akademik AIPT yang dikeluarkan oleh BAN-PT, akreditasi dipahami sebagai proses evaluasi dan penilaian mutu institusi atau program studi yang dilakukan oleh suatu tim pakar sejawat (tim asesor) berdasarkan standar mutu yang telah ditetapkan atas pengarahan suatu badan atau lembaga akreditasi mandiri di luar institusi atau program studi yang bersangkutan. Hasil akreditasi merupakan pengakuan bahwa suatu institusi atau program studi telah memenuhi standar mutu yang telah ditetapkan.

Gagasan AIPT sangat berkaitan dengan tuntutan global dan keharusan lembaga pendidikan ini mampu bersaing dalam tataran yang lebih luas. Oleh karena itu, dalam Naskah Akademik disebutkan bahwa salah satu tujuan dan manfaat akreditasi institusi perguruan tinggi yaitu memberikan jaminan bahwa institusi perguruan tinggi yang terakreditasi telah memenuhi standar mutu yang ditetapkan oleh BAN-PT, sehingga mampu memberikan perlindungan bagi masyarakat dan penyelengaraan perguruan tinggi yang tidak memenuhi standar.

Pada tahun 2018, BAN-PT telah mengeluarkan Instrumen baru APT yaitu Instrumen APT 3.0 yang terdiri dari 9 kriteria, berorientasi pada output dan outcome yang terdiri dari 2 bagian yaitu: 1) Laporan Kinerja Perguruan Tinggi (LKPT) dan Laporan Evaluasi Diri Perguruan Tinggi (LED).   LKPT berisi data kuantitatif yang secara bertahap akan diambil dari Pangakalan Data Pendidikan Tinggi (PD-Dikti) yang memuat capaian indikator kinerja perguruan tinggi. Sedangkan LED merupakan dokumen evaluasi yang disusun secara komprehensif sebagai bagian dari pengembangan institusi, yang tidak hanya menggambarkan status capaian masing-masing kriteria, tetapi juga memuat analisis atas ketercapaian atau ketidaktercapaian suatu kriteria.

Keharusan akreditasi sebagai tuntutan global ini juga dialami oleh UIN Raden Fatah. Sebagai institusi pendidikan tinggi dengan fokus pada kajian keislaman, UIN Raden Fatah dituntut untuk bisa tampil secara mandiri, profesional, dan memenuhi unsur pelayanan kepada masyarakat. Sehubungan dengan hal tersebut dan untuk menghadapi APT UIN Raden Fatah tahun 2020, maka LPM UIN Raden Fatah menyelenggarakan kegiatan Penyusunan Indikator Kinerja Tambahan ada Alat ukurnya (APT) untuk memenuhi pengisian Laporan Evaluasi Diri APT UIN Tahun 2020 mendatang.

Secara teknis, pelaksanaan kegiatan ini akan dilakukan dengan metode workshop. Workshop yang melibatkan semua unit yang ada di lingkungan universitas karena hal ini menyangkut seluruh kegiatan yang berlangsung di UIN Raden Fatah baik secara akademis maupun nonakademis. Untuk menjaga kelancaran kegiatan maka dalam kegiatan ini akan dibentuk tim panitia. Tim yang dibentuk adalah personel LPM sendiri dengan melibatkan peserta dari semua prodi dan narasumber yang berkompeten terhadap penyusunan borang akreditasi prodi.

Kegiatan ini berlangsung selama 1 (satu) hari pada tanggal 25 Maret 2019 bertempat di Hotel Emilia Palembang, dengan menghadirkan narasumber dari Dewan Eksekutif BAN PT yaitu Saepudin Nirwan, M.Kom.  dengan materi tentang Penyusunan Indikator Kinerja Tambahan (IKT). Kegiatan ini diikuti sejumlah 60 orang peserta yang terdiri dari unsur pimpinan dan unit-unit yang ada di lingkungan UIN Raden Fatah. Melalui kegiatan workshop  ini, seluruh peserta diharapkan terampil menyusun Indikator Kinerja Tambahan (IKT) UIN Raden Fatah Palembang. Selain itu, dari workshop ini juga diharapkan civitas akademika UIN Raden Fatah Palembang lebih memahami tentang pentingnya APT.



UIN Raden Fatah Palembang ISO 9001:2015 Open Jurnal Sistem (OJS) Aplikasi e-kinerja eprints Repoistory UIN Raden Fatah Palembang Layanan Pengadaan Secara Elektronik Web Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang e-Learning UIN Raden Fatah Palembang Pendaftaran Beasiswa Bidik Misi Logo Sialim Email Berbasisi Domain Senayan Library Information System

 
Copyright PUSTIPD © 2018 Lembaga Penjaminan Mutu UIN Raden Fatah Palembang