|
Palembang | |
Imsak | 04:37 WIB |
Subuh | 04:47 WIB |
Syuruq | 06:02 WIB |
Dzuhur | 12:06 WIB |
Ashar | 15:19 WIB |
Maghrib | 18:09 WIB |
Isya | 19:17 WIB |
2°59'LS, 104°47'BT Ketinggian : 10 m Arah kiblat : 65°27' (U-B) |
LPMUINRF – Universitas Agama Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang terus upayakan peningkatan kualitas mutu menuju Perguruan Tinggi Unggul. Melalui Lembaga Penjaminan Mutu, UIN Raden Fatah memberikan respon atas perkembangan perubahan regulasi BAN PT Nomor 9 Tahun 2020 tentang kebijakan Pengalihan Akreditasi Program Studi dari BAN-PT ke Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM). Mengacu pada peraturan BAN-PT tersebut, secara resmi LAMDIK sudah beroperasi penuh melaksanakan akreditasi bagi Program Studi Kependidikan mulai tanggal 31 Maret 2022.
Mengingat jumlah asesor LAMDIK pada Batch I dan II dalam beberapa bidang studi masih terdapat kekurangan, maka LAMDIK Kembali membuka Rekrutmen Asesor Batch III. Alhasil dosen dari Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan serta dosen dari beberapa Fakultas di lingkungan UIN Raden Fatah mengikuti proses rekrutmen calon asesor (Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) dari program studi kependidikan yang belum menjadi asesor BAN-PT.
Proses rekrutmen dimulai dari tanggal 25 Juni 2022 dengan melalui beberapa tahapan diantaranya Pendaftaran, Seleksi Administrasi, Pengumuman hasil seleksi administrasi, Pemeriksaan (tes) Psikologi, Pengumuman Hasil (tes) Psikologi, Wawancara, Pengumumam hasil akhir (verifikasi dan kemampuan komunikasi) serta pelatihan dan diakhiri dengan pengumuman penetapan asesor pada 12 Agustus 2022.
Sehubungan dengan hal tersebut Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) memfasilitasi para dosen yang mengikuti seleksi calon Asesor LAMDIK Batch III dengan menggelar Best Practice Success Recruitment Asesor LAMDIK melalui kegiatan dwi mingguan LPM Diskusi Mutu Asyik yang dikemas dalam akronim D’Musik Session II (Episode 2) pada Selasa (28/06/2022). Acara yang dilaksanakan secara daring (online) dimulai Pkl.09.30 dengan dibuka langsung oleh Ketua LPM dan dihadiri oleh Dekan, Wakil Dekan I, II, III Fakultas Ilmu Tarbiyah Keguruan (FITK), Ketua dan Sekretaris Prodi di lingkungan FITK, GPMF dan GPMP, serta Calon Asesor LAMDIK dengan menghadirkan narasumber Dr. Nurul Ihsan, M.Pd dari Fakultas Ilmu Keguruan Universitas Negeri Padang.
Ketua LPM, Dr. Syahril Jamil mengatakan melihat dari seleksi penerimaan pada batch I dan batch II ada beberapa dosen yang sudah berpartisipasi mengikuti seleksi tes pencalonan tersebut, akan tetapi karena masih adanya beberapa kendala sehingga bibit tersebut belum terlihat. Oleh karena itu kami berinisiatif untuk menghadirkan Narasumber yang sudah lulus mengikuti seleksi Asesor LAMDIK pada batch I yang nantinya kita minta untuk berbagi kiat-kiat praktis untuk bisa lulus seleksi calon Asesor LAMDIK.
“LPM tentunya mendorong pelaksanaan kegiatan seperti ini dengan tujuan utamanya untuk mendeseminasi sebaran dari civitas akademika UIN Raden Fatah Palembang yang sadar Mutu. Besar harapan UIN Raden Fatah kepada calon asesor dapat lolos menjadi asesor LAMDIK. Disamping untuk membangun jejaring memperkuat akreditasi prodi dan Perguruan Tinggi, juga untuk peningkatan kualitas akreditasi bidang Kependidikan di lingkungan UIN Raden Fatah Palembang.” Ujarnya.
Pada kesempatan yang sama Narasumber d’musik Dr. Nurul Ihsan juga menyampaikan beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait regulasi dan aturan-aturan pada tahapan seleksi calon Asesor ini.
“Saya hadir disini bukan bermaksud untuk menggurui akan tetapi ingin berbagi informasi mengenai tahapan seleksi yang sebelumnya sudah diikuti, terkait hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan seperti tahapan-tahapan penerimaan (waktu dan tempat pendaftaran), persyaratan umum (proses seleksi administrasi), persyaratan Khusus (Proses Seleksi Substansi), CV terbaru yang memuat (pengajran, penelitian, PkM, Publikasi, Karya buku/modul ber ISBN, dsb), Pas Foto, Deskripsi singkat yang berisi Motivasi Diri, serta Surat Lamaran resmi yang ditujukan ke Ketua Umum LAMDIK.” Jelasnya.